Supplier Granit Marmer, Granit Lantai Murah, Harga Granit Per Meter, Motif Granit, Pasang Granit: Keunggulan Granit dibanding Keramik sebagai Bahan Pelapis Lantai Supplier Granit, Granit Lantai Murah, Harga Granit Per Meter, Motif Granit, Pasang Granit, Cara Memilih Granit

Keunggulan Granit dibanding Keramik sebagai Bahan Pelapis Lantai

July 06, 2017

Keunggulan granit dibanding keramik ternyata sangat banyak. Itulah yang menyebabkan penggunaan granit sebagai bahan pelapis lantai di rumah kian meningkat. Walau harganya terbilang lebih mahal jika dibanding keramik, kualitas granit memang tidak bisa dibohongi. Lalu apa saja kelebihan granit dibanding keramik?
Keunggulan Granit dibanding Keramik
1.      Memenuhi kebutuhan ukuran yang lebih besar
Granit memiliki ukuran yang lebih bervariasi, dan cenderung mampu memenuhi kebutuhan varian ukuran yang luas. Granit hadir dalam ukuran dari yang kecil hingga yang besar, yaitu ada yang berukuran 30 x 30 cm dan yang paling besar mencapai 120 x 120 cm. Ukuran granit yang besar ini akan memenuhi kebutuhan ruangan yang luas seperti ruang kantor atau ruangan publik. Berbeda dengan keramik yang memiliki ukuran paling besar hanya 60 x 60 cm saja. Keunggulan granit dari segi ukuran ini karena sifatnya yang tidak mudah melendut atau bengkok. Berbeda dengan keramik yang mudah bengkok dan memuai, sehingga tidak bisa diproduksi dalam ukuran yang besar.
2.      Kekuatan bahan
Granit memiliki kekuatan bahan yang jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan keramik. Granit melewati proses pembakaran pada suhu 1230 derajat celcius dan ditekan dengan kekuatan mencapai 7200 PH. Hal ini menjadikan granit sebagai bahan yang lebih padat dan kuat. Berbeda dengan keramik yang hanya mampu dibakar dalam suhu maksimal sekitar 1000 derajat celcius. Kekuatan bahan keramik hanya mencapai 300 kilogram per centimeter persegi. Berbeda dengan granit yang mencapai 450 kilogram per centimeter persegi. Oleh karena itu keramik lebih mudah patah, apalagi jika diperlakukan dengan tidak semestinya.
3.      Ketahanan terhadap goresan
Keuntungan granit dibanding keramik berikutnya adalah dari ketahanannya terhadap goresan. Keramik lebih tidak tahan terhadap goresan karena keramik dibuat dengan lapisan permukaan glasir. Glasir ini memberikan kesan mengkilap, namun bahannya sangat rentan akan goresan atau gesekan. Berbeda dengan permukaan granit yang berasal dari bahan alami dan dipoles dengan teknik khusus. Granit lebih tahan terhadap gesekan dan goresan. Namun, walau demikian, lebih baik tetap menghindarkan permukaan granit dari benda-benda tajam.
4.      Presisi bahan
Keunggulan lantai granit dibanding keramik juga ada pada presisi bahannya. Granit diolah di pabrik dengan pembakaran dan pemotongan. Semua granit terpotong secara sempurna dan memiliki tingkat presisi bahan yang sangat siku-siku. Hal ini menjadikan granit sebagai bahan yang lebih rata saat dipasang karena antara granit yang satu dan granit yang lain seperti tidak memiliki celah atau nat. Berbeda dengan keramik yang bagian permukaannya tidak presisi. Bagian ujung keramik biasanya melengkung, sehingga antar keramik membutuhkan celah yang cukup lebar dan menciptakan garis nat yang terlihat jelas.
Kelemahan Granit dibanding Keramik
Ada keunggulan, tentu ada kelemahan. Adapun kelemahan granit jika dibandingkan dengan keramik antara lain:
1.      Variasi pola dan warna
Granit adalah jenis batuan alam yang terbentuk secara natural, sehingga varian warna dan motifnya tidak banyak. Berbeda dengan keramik yang dibuat di pabrik. Keramik memiliki varian motif dan warna yang lebih beragam.
2.      Ketahanan terhadap noda
Granit dan keramik berbeda dari segi porisitasnya. Keramik adalah bahan yang tidak memiliki pori-pori, sehingga tidak menyerap air dan noda-noda. Sedangkan granit, memiliki pori-pori yang lebih renggang jika dibandingkan dengan keramik. Oleh sebab itu, granit lebih bersifat menyerap air dan noda. Hal ini akan berpotensi menimbulkan bekas atau bercak noda pada granit. Karena itu, jika ada noda pada granit, segera bersihkan agar tidak muncul noda yang membekas. Namun ada juga varian granit yang tidak memiliki pori-pori, yaitu granit yang sudah melalui proses kristalisasi di pabrik.
3.      Perawatan
Keramik dan granit berbeda dari segi perawatannya karena karakteristiknya memang berbeda satu sama lain. Keramik yang tidak tahan gores akan membuat lantai terlihat kusam jika goresannya sudah penuh. Sehingga, keramik harus segera diganti. Namun, granit yang tidak tahan terhadap noda juga perlu perawatan yang lebih intens. Kebersihan granit harus selalu dijaga, terutama untuk ruang-ruang yang cenderung menghasilkan noda-noda lembab. Untuk memudahkan perawatan granit, ada baiknya granit dipoles agar lebih tahan terhadap noda.
4.      Harga
Dari segi harga, granit memang lebih mahal jika dibandingkan dengan keramik. Faktor harga ini pula lah yang menyebabkan banyak orang mengurungkan niat untuk menggunakan granit sebagai bahan pelapis lantai di rumah. Namun, jika jeli, ada beberapa jenis granit lokal yang harganya jauh lebih murah daripada granit impor yang banyak terdapat di pasaran. Jika ingin menjadikan granit sebagai bahan pelapis di rumah, lebih baik memiliki pandangan mengenai rentan harga yang sesuai dengan budget.

Itulah keunggulan granit dibanding keramik dan kelemahannya sebagai bahan pertimbangan.


You Might Also Like

0 comments

Tentang Kami

SUPPLIER GRANIT

Kami adalah Supplier Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Granit terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



DMCA.com Protection Status

Formulir Kontak