Supplier Granit Marmer, Granit Lantai Murah, Harga Granit Per Meter, Motif Granit, Pasang Granit: Cara Memilih Granit yang Baik untuk Bahan Pelapis Rumah Supplier Granit, Granit Lantai Murah, Harga Granit Per Meter, Motif Granit, Pasang Granit, Cara Memilih Granit

Cara Memilih Granit yang Baik untuk Bahan Pelapis Rumah

July 06, 2017

Cara memilih granit yang baik perlu diketahui karena granit adalah jenis material alami yang tidak dibuat di pabrik. Memilih granit akan lebih sulut jika dibandingkan dengan memilih bahan penutup lainnya seperti keramik. Keramik yang dijual di pasaran sudah memiliki standar yang baku, karena dibentuk di pabrik. Sementara granit melewati pabrik hanya untuk pengukuran dan pengemasan saja, sehingga kualitas granit yang bagus harus dipilih dengan cermat.

Cara Memilih Granit yang Baik
Berikut ini ada beberapa tips memilih granit yang baik untuk bahan pelapis di rumah. Semoga bermanfaat.
  1. Pastikan mendapat warna yang sama
Yang perlu dipahami secara umum adalah granit merupakan batuan alami yang tidak dibuat dipabrik. Oleh karena itu, warna granit yang satu akan berbeda dengan warna granit di tempat lainnya. Maka, untuk mendapatkan tampilan granit yang bagus, pastikan warna granit yang didapatkan sama dan seragam. Jika ruangan yang akan dipasangi granit itu kecil, itu tidak akan menjadi masalah. Namun jika ruangan yang akan dipasangi granit besar, hal ini mungkin akan menjadi masalah. Maka, pastikan ketersediaan stok granit memiliki warna yang sama dan sesuai dengan ukuran ruang yang diharapkan.
  1. Tentukan jenis granit
Jenis granit juga adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam memilih granit yang baik. Jenis granit akan mempengaruhi harganya. Granit yang berkualitas baik tentu saja akan memiliki harga yang pantas. Granit yang berkualitas buruk akan memiliki harga yang lebih murah.
  1. Daerah penghasil granit
Indonesia adalah salah satu negara yang terkenal sebagai negara penghasil granit yang berkualitas bagus. Dua daerah penghasil granit adalah Tulungagung dan Karimun di Riau. Jika rumah berada di dekat penghasil granit, misalnya jika tinggal di Jawa Timur atau Jawa Tengah yang dekat dengan Tulungagung, maka kemungkinan besar granit yang didapat akan lebih murah, namun memiliki kualitas yang tinggi. Daerah lain penghasil granit adalah Yogyakarta, Kupang, Lampung, dan Sulawesi Selatan.
  1. Menentukan warna yang sesuai
Warna adalah satu hal yang juga perlu diperhatikan. Granit yang baik adalah yang berkualitas tinggi. Namun percuma memilih granit berkualitas tinggi jika warna yang dipilih kurang sesuai. Oleh karena itu selalu tentukan warna granit yang sesuai dengan kondisi dan konsep rumah. Jangan sampai ada penyesalan hanya karena salah menentukan warna. Berikut ini ada beberapa jenis granit yang bisa dipilih berdasarkan warnanya.
·         Granit biru, yang memiliki efek sinar perak yang mewah.
·         Granit cokelat, yang memiliki kesan hangat jika disandingkan dengan bahan lain.
·         Granit emas, yang netral untuk ruangan apapun.
·         Granit hijau, yang cocok untuk lantai, dinding, dan juga memiliki warna yang khas.
·         Granit hitam, yang cukup terkenal dan memiliki tampilan yang mewah dan elegan untuk bahan lantai, dinding, dan pelapis meja.
·         Granit putih, yang fleksibel dan memiliki harga yang cukup terjangkau.
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penggunaan Granit
Setelah melakukan pemilihan granit, maka kewajiban tidak berhenti sampai di sana. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan granit sebagai material penutup bidang rumah, diantaranya:
  1. Proses pemasangan
Model granit yang baik akan bisa diaplikasikan secara sempurna jika proses pemasangannya benar-benar tepat. Percuma jika memilih granit yang baik kualitasnya jika proses pemasangannya salah atau dilakukan dengan teknik yang tidak tepat. Selain akan merugikan dari segi fisik, granit yang dipasang dengan cara yang tidak tepat akan mudah retak dan patah. Oleh karena itu, pastikan bahwa proses pemasangan granit dilakukan oleh para ahli atau oleh tukang batu berpengalaman yang benar-benar mengerti bahan bangunan.
  1. Proses pemolesan
Selain proses pemasangan, proses pemolesan granit juga perlu untuk diperhatikan. Pemolesan di sini adalah tahapan finishing granit. Biasanya ada beberapa orang yang ingin memiliki tampilan granit yang mengkilap dan bisa tahan terhadap noda. Maka dilakukan proses pemolesan. Dalam proses pemolesan ini juga perlu untuk dilakukan secara tepat dengan bahan dan pekerja yang tepat. Proses pemolesan yang buruk bisa jadi akan menciptakan gelombang dan permukaan yang tidak rata di atas granit. Selain itu, jika proses salah, maka granit tetap saja akan rentan terkena noda.
  1. Pemeliharaan
Setelah semua proses dilakukan dengan baik, pemeliharaan granit oleh penghuni rumah harus dilakukan. Berani memasang bahan yang mahal, berarti berani memeliharanya dengan baik. Jika ada noda yang mengenai granit, segera bersihkan dengan bahan-bahan yang tepat dan cara yang tepat. Selain itu, untuk granit yang diletakkan di bagian eksterior rumah, diperlukan perhatian khusus karena lebih sering terkena hujan dan panas.

Itulah beberapa cara memilih granit yang baik dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan granit sebagai bahan pelapis rumah. Semoga bermanfaat.


You Might Also Like

0 comments

Tentang Kami

SUPPLIER GRANIT

Kami adalah Supplier Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Granit terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



DMCA.com Protection Status

Formulir Kontak