Supplier Granit Marmer, Granit Lantai Murah, Harga Granit Per Meter, Motif Granit, Pasang Granit: Cairan Pembersih Lantai Granit yang Bisa Digunakan secara Aman Supplier Granit, Granit Lantai Murah, Harga Granit Per Meter, Motif Granit, Pasang Granit, Cara Memilih Granit

Cairan Pembersih Lantai Granit yang Bisa Digunakan secara Aman

July 06, 2017

Cairan pembersih lantai granit diperlukan untuk membersihkan lantai berbahan granit yang telah terkena noda atau kotoran. Seperti yang diketahui bersama bahwa granit adalah bahan batu-batuan alami. Oleh karena itu proses perawatannya berbeda dengan perawatan lantai pada umumnya.
Cairan Pembersih Lantai Granit yang Aman
Berikut ini ada beberapa cairan pembersih granit tile yang bisa digunakan secara aman untuk membersihkan noda dari granit.
  1. Sabun cuci piring
Sabun pencuci piring bisa dijadikan bahan pertolongan pertama untuk membersihkan noda pada granit. Gunakan air hangat untuk mengaplikasikan sabun pencuci piring ini. pastikan juga menggunakan kain yang halus dan lembut agar tidak ada bekas goresan. Jika noda sudah bersih, maka bilas bekas sabun dengan air bersih dengan bantuan kain mikrofiber yang halus.
  1. Baking soda
Baking soda adalah bahan alami yang aman untuk membersihkan granit. cara membersihkan lantai granit dengan baking soda adalah dengan menambahkan sedikit air pada baking soda hingga terbentuk pasta atau krim yang bisa dioleskan pada lantai granit. Diamkan selama semalaman sebelum dilap dengan kain basah. Jika noda sudah terangkat, bilas dengan air secukupnya.
  1. Cairan khusus pembersih granit
Jika sudah memilih granit sebagai bahan pelapis rumah, maka untuk membersihkannya juga harus dibedakan dengan membersihkan lantai keramik biasa. Pilihlah cairan khusus pembersih granit yang berkualitas tinggi. Cairan khusus pembersih granit ini tidak mengandung zat asam yang akan merusak permukaan granit. Selain itu pH obat pembersih granit ini juga seimbang dan netralm sehingga tidak akan merusak kualitas granit yang ada.
  1. Pemutih pakaian
Cairan pemutih pakaian juga merupakan bahan yang aman untuk membersihkan noda dari granit. Caranya adalah dngan menuangkan air bersih ke atas permukaan granit yang kotor. Diamkan sebentar kurang lebih 2 menit. Gosok atau usap dengan lap halus, kemudian keringkan dengan kain bersih. Bila perlu, bilas dengan deterjen dan air bersih.
  1. Alkohol atau aseton
Penggunaan alkohol atau aseton untuk membersihkan lantai granit dilakukan untuk noda jenis cat, spidol, atau noda tinta. Caranya dengan mengaplikasikan alkohol pada bagian noda hingga bersih. Lalu bilas dengan air bersih.
Pertimbangan untuk Membersihkan Granit
Dalam merawat granit, ada beberapa pantangan dan juga pertimbangan yang perlu diketahui, terutama dalam membersihkan granit, diantaranya:
  • Jangan menggunakan cairan pembersih lantai sembarangan, apalagi yang memiliki sifat asam. Cairan asam akan membuat permukaan granit menjadi terkikis dan kusam karena terkena abrasi permukaan.
  • Pilihlah carian khusus pembersih granit yang memang ada di pasaran. Cairan ini memiliki sifat yang netral seperti air, sehingga permukaan granit akan aman.
  • Bila perlu, tes dulu keefektifan cairan pembersih yang dipilih pada sebagian kecil granit di sudut-sudut yang tidak terlihat. Hal ini untuk mengantisipasi jika ternyata cairan tersebut merusak permukaan granit.
  • Gunakan juga cairan pelindung granit. Cairan ini berfungsi untuk membersihkan noda pada granit sekaligus sebagai pelapis permukaan granit agar lebih mengkilap. Gunakan dengan hati-hati, dan jangan lupa untuk selalu membaca petunjuk penggunaan sebelum menggunakannya.
  • Coba dahulu menggunakan air bersih untuk membersihkan noda yang menempel pada granit. Jangan terburu-buru menggunakan cairan pembersih. Jika noda tidak hilang ketika dibersihkan dengan air, maka barulah menggunakan cairan pembersih yang aman.
  • Pilihlah cairan pembersih atau pelindung yang memakai bahan dasar air, karena air bersifat lebih netral dan tidak merusak granit.
Tips Merawat Granit
Adapun tips untuk merawat lantai granit adalah sebagai berikut.
  • Untuk mendapatkan granit yang selalu bersih dan mengkilap setiap hari, bersihkan lantai granit setiap hari. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari tumpukan kotoran yang menyebabkan granit menjadi kusam. Bersihkan saja dengan air biasa.
  • Selalu gunakan alat pembersih lantai yang lembut dan tidak akan menggores lantai granit yang ada. Jika perlu, hindari alat-alat yang terkesan berat atau alat-alat yang menggunakan listrik. Menggunakan tangan secara manual akan lebih aman.
  • Secara periodik, poles granit agar tetap mengkilap dan selalu terlihat bersih.
  • Sediakan keset di pintu masuk. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kotoran yang akan masuk ke dalam rumah. Selain itu, keset juga berfungsi sebagai pelindung pertama granit dari noda.
  • Gunakan perabot yang tidak memiliki ujung tajam dan kasar. Perabot yang memiliki ujung kasar dan tajam akan merusak permukaan granit dan menciptakan goresan-goresan.
  • Jangan menggunakan vacuum cleaner, karena alat ini juga berpotensi untuk memberikan goresan pada granit.
  • Pindahkan perabot dengan cara menganggatnya, bukan menggesernya. Menggeser perabot akan menciptakan goresan yang dalam pada permukaan granit. Akibatnya bisa fatal.
Itulah tipe cairan pembersih lantai granit, pertimbangan dalam membersihkan granit, dan tips merawat granit. Semoga bermanfaat.


You Might Also Like

0 comments

Tentang Kami

SUPPLIER GRANIT

Kami adalah Supplier Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Granit terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: [email protected]



DMCA.com Protection Status

Formulir Kontak