Supplier Granit Marmer, Granit Lantai Murah, Harga Granit Per Meter, Motif Granit, Pasang Granit: Cara mudah Pasang Granit di atas Keramik Supplier Granit, Granit Lantai Murah, Harga Granit Per Meter, Motif Granit, Pasang Granit, Cara Memilih Granit

Cara mudah Pasang Granit di atas Keramik

July 06, 2017

Apakah kondisi lantai keramik anda sudah tidak bagus karena warnanya memudar? Atau apakah anda bosan dengan warna lantai anda? Sama seperti warna tembok, warna lantai pun memberi pengaruh yang cukup signifikan terhadap nuansa rumah anda. Apabila kondisi keramik sudah tidak bagus, tentu akan membuat penampilan rumah anda menjadi tidak indah. Mungkin anda akan berpikir berulang kali untuk memperbarui warna lantai karena memang mengganti warna lantai tidak semudah mengganti cat tembok. Ketika berpikir untuk mengganti keramik pada lantai tentu anda akan mulai memikirkan tentang berapa besar biaya yang harus dikeluarkan dan berapa lama kerepotan harus ditanggung akibat pembongkaran yang di lakukan.
Sebenarnya ada alternatif lain yang lebih mudah dan lebih efektif yang bisa anda tempuh untuk mengganti lantai. Anda tidak perlu membongkarnya satu per satu karena bisa pasang granit diatas keramik. Cara ini biasa dikenal dengan istilah tile on tile. Tidak hanya granit, anda juga bisa memasang jenis penutup lantai lain seperti keramik, parket, atau homogenous tile diatas keramik lama anda. Dilihat dari segi biaya cara ini akan menghemat uang anda cukup banyak.

Memasang granit diatas keramik
Seperti disebutkan di atas, pasang granit diatas keramik bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin mengganti lantai tanpa harus terbebani dengan berbagai hal merepotkan. Hanya saja untuk melakukannya anda harus memperhatikan beberapa hal. Yang pertama yaitu memilih perekat keramik untuk menggantikan semen biasa. Semen biasa tidak bisa digunakan sebagai perekat keramik karena memiliki kandungan yang berbeda. Perekat keramik mengandung zat aditif yang membuat perekat bisa memuai dan menyusut saat di pengaruhi oleh suhu ruangan. Selain itu perekat keramik biasanya memiliki dua komponen perekat yang daya rekatnya sangat kuat. Anda bisa menemukannya di pasaran dengan cukup mudah. Cara penggunaan bubuk perekat pun hampir sama dengan menggunakan semen. Anda tinggal mencampurkannya dengan air dengan menggunakan takaran di petunjuknya.
Hal kedua yang harus diperhatikan yaitu pemilihan nat. Nat merupakan bidang atau celah sambungan antar keramik atau granit. Nat sendiri bukan hal yang sepele dan bisa kita abaikan. Kerapian dan warna nat akan mempercantik penampilan lantai kita. Selain itu nat memiliki fungsi untuk menjegah terjadinya rembesan air terutama pada area- area tertentu dalam rumah yang sering terkena air seperti dapur, kamar mandi dan teras.

Kebanyakan orang salah menilai bahwa mereka bisa menggantikan bahan pengisi nat dengan semen biasa. Padahal semen biasa biasanya akan mengeras, menggetas dan bahkan cepat retak saat mengering. Oleh karena itu anda sebaiknya memilih bahan pengisi nat khusus yang memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan semen biasa. Bahan pengisi nat lebih fleksibel karena bisa mengatasi pemuaian dan penyusutan. Bahan ini juga tidak mudah kotor, anti jamur, dan tersedia dalam berbagai pilihan warna yang bisa anda sesuaikan dengan lantai. Selain itu, bahan pengisi nat memiliki keunggulan lebih lentur dan lebih lunak sehingga akan mencegah lantai yang dilapisi keramik atau granit mengalami pop up atau terangkat kecuali jika terjadi pergeseran tanah.
Jika area lantai yang ingin anda ganti adalah area kamar mandi atau tempat- tempat yang sering terkena air, kami anjurkan untuk menambahkan cairan perekat. Hal ini dilakukan agar pengisi nat bisa lebih kuat dan kedap air. Selain itu anda tidak perlu menambahkan apa- apa lagi. Pastikan untuk membuat adonan pengisi nat sesuai dengan takaran dan petunjuk karena jika terlalu kental  ataupun terlalu encer akan mempengaruhi kualitas dari bahan pengisi nat itu sendiri. Proses pengisian nat atau disebut juga grouting juga harus dilakukan dengan hati- hati. Buat adonan sedikit demi sedikit sehingga tidak cepat kering.
Persiapan pasang granit diatas keramik
Jika anda sudah yakin untuk pasang granit diatas keramik dan sudah menyiapkan bahan- bahannya, kini tibalah anda pada tahap persiapan. Jika anda ingin mengganti seluruh lantai rumah, kami sarankan untuk memilih salah satu area yang didahulukan saat pengerjaannya. Pengerjaan biasanya dilakukan secara berurutan baik dari depan ke belakang maupun dari belakang ke depan. Jika anda sudah menentukan area yang akan di dahulukan, anda bisa mulai memindahkan barang- barang ke area yang jatah pengerjaannya terakhir.
Sebelum proses pasang granit diatas keramik dimulai, anda juga harus membersihkan permukaan keramik lama dengan baik agar proses perekatan bisa dilakukan dengan sempurna. Yang perlu diingat, akan ada kenaikan lantai sekitar 4 – 5 cm jika anda melakukan system tile on tile ini. Biasanya ini akan membuat pintu anda tidak bisa tertutup jika jarak antara pintu dengan keramik yang lama cukup rendah. Solusi yang bisa anda tempuh yaitu dengan memotong sedikit daun pintu anda.


You Might Also Like

0 comments

Tentang Kami

SUPPLIER GRANIT

Kami adalah Supplier Granit dengan skala besar, Siap memberikan harga Granit terjangkau dengan kualitas yang terbaik. Segera hubungi kami untuk pemesanan.


: suppliermarmergranit@gmail.com



DMCA.com Protection Status

Kontak Kami